8 Tips Ampuh Mendidik AnakSupaya Rajin Membaca

Sebagai orang tua kita terkadang kesusahan untuk mengajarkan anak kita untuk bisa rajin membaca. Kebanyakan anak-anak memang lebih gemar bermain ketimbang membaca, lebih suka menonton film daripada membaca. Nah disini kami akan memberitahu 8 tips ampuh mendidik anak supaya rajin membaca. Berikut tips nya :

1. Anda bisa menggunakan buku di saat berinteraksi dengan anak. Misalnya sering membacakan dengan suara kerasa saat menghabiskan waktu dengan anak anda aga rterbiasa melihatnya dan juga ingin melakukannya. 

2. Buatlah rutinitas bahwa membaca adalah suatu kebiasaan sehari-hari. Anda bisa mengalikasikannya dengan cara membuat jawal tertentu dimana anda harus membaca. Anda bisa menentukan jadwalnya dengan cara membaca sebelum tidur ata saat bersantai di siang gari. Laukakan itu secara rutin dan disiplin sehingga atmofser membaca menjadi suatu keharusan dan akan terasa ganjil saat tidak melakukannya.

3. Sesuaikan jenis buku dengan usia anak. Biasanya anak sangat menyukai buku yang berwarna-warni sehingga mereka tertarik dengan visual dan tertarik pula untuk membacanya. Anak akan terpanggil secara otomatis untuk membaca buku mereka karena gambar dan warna yang menarik.

4. Rutinitas seperti diatas harus terus diulangi walaupun anak terlihat belum memiliki ketertarikan. Utamanya sejak ia usia balita, maka ia akan dengan cepat menyerap kata-kata yang dilontarkan dan didengarkannya.

5. Anda perlu membaca seperti sedang berstory telling. Gunakan ekspresi yang sesuai dan variasi suara yang bisa membuat mereka tertarik dengan bacaan tersebut. Hal tersebut juga bisa menghindari anak-anak agar tidak kaku melihat anda membaca.

6. Matikan TV anda. Jangan biarkan anak anda menghabiskan waktu hanya di depan TV. Bisa saja anda membiarkan mereka menonton namun ingatlah untuk membatasinya. Terlalu banyak menonton TV akan menghambat kreatifitas anak anda dan membuatnya malas melakukan aktiftas motorik dan juga kognitif. Ia hanya akan terdoktrin dengan sajian yang diberikan telivisi dan tidak ingin menggunakannya otaknya untuk berpikir.

7. Jika anak anda memilki favorit tertentu, turutilah hal yang disukai dengan membeli buku yang berhubungan dengan hal yang mereka sukai. Misalnya jenis kartun tertentu dan juga jenis gambar yang ia sukai.

8. Ajaklah mereka rajin mengunjungi perpustakaan dan juga toko buku dimana terdapat beragam banyak buku. Sehingga visual anak dapat tersupport dengan sajian buku yang banyak dan membuat mereka menciantainya.

Demikianlah tips ampuh mendidik anak supaya rajin membaca, semoga artikel ini mampu membantu teman-teman semuanya.

4 komentar

makasih ya gan bagus nih infonya biar anak jadi pandai nantinya

Sip.. semoga anak saya kelak mampu dididik dengan baik

nice gan, bisa saya terapkan untuk anak saya kelak

Setelah Membaca silahkan tinggalkan Komentar dibawah yah
EmoticonEmoticon