Dampak Negatif Gadget Bisa Timbulkan 'Autisme' Pada Anak

Semua orang tua didunia ini pasti ingin memberikan yang terbaik buat anaknya, tak terkecuali memberi mereka gagdet. Namun harus diingat, gadget bisa juga berdampak negatif pada anak. Anak anda akan cenderung Hipoaktif, sama halnya dengan anak autis.

Seperti yang dikatakan Kepala Klinik Tumbuh Kembang Anak Rumah Sakit Hermina Pasteur, Bandung, dr Meita Damayanti,bahwa anak yang cenderung berlebihan menggunakan gadget akan cenderung anteng tidak banyak bergerak, tidak interaktif. Jika kebiasaan ini trus dibiatkan, dikhawatirkan akan menimbulkan gangguna perilaku sang anak.

Wajib untuk diketahui bahwa anak yang terlalu anteng dan fokus dengan gadgetnya membuat stimulasi aktif atau geraknya jadi berkurang, dia cenderung hipoaktif, diam saja jarang berinteraksi. Banyak orang tua anak mengeluh anaknya jadi kurang bersosialisasi dengan teman sebaya. Ada juga anak yang menjadi penakut. Gadget juga dapat membuat anak sulit untuk mengatur waktu. 

Dampak Negatif Gadget Bisa Timbulkan 'Autisme' Pada Anak
Dampak Negatif Gadget Bisa Timbulkan 'Autisme' Pada Anak


Keseringan menggunakan gadget dapat membuat anak lebih banyak menggunakan syaraf motorik halus dan tidak menggunakan fungsi motorik kasar. hal ini akan berdapak pada aktivitas yang menggunakan otot berkurang, misalnya jarang bergerak atau sulit untuk berolahraga. Sisi lain kurangnya fungsi motorik kasar juga berdampak pada pertumbuhan anak yang juga mengalami gangguan.

Pengenalan gadget pada anakn seharusnya disesuaikan dengan perkembangan usia mereka. Misalnya, jika usia anak sudah di atas lima tahun orang tua bisa memperkenalkan gadget, itu sebatas perkenalan bukan kebutuhan. Jika terpakasa harus memberikan gadget pada anak yang sudah memasukin jenjang SD, berikat gadget yang tak terlalu canggih, cukup untuk berkomunikasi dan berkirim saja. Tumbuh kembang mereka akan jauh lebih baik jika dibiarkan dalam permainan alami seumuran mereka, misalnya mengenal huruf dan angka serta permainan lain yang lebih merangsang kreativiras anak.

Jadi untuk para orang tua harus wawas diri dalam memberikan gadget pada anaknya.. semoga informasi diatas dapat memberi manfaat pada kita semua.


Setelah Membaca silahkan tinggalkan Komentar dibawah yah
EmoticonEmoticon